Rabu, 08 Agustus 2012

About Bali Part 1 : Tanah Lot


Sedikit berkisah tentang perjalanan saya dan teman-teman sekantor. Pertengahan bulan Maret saya dan teman-teman iseng jalan-jalan ke Tanah Lot dan Central Kuta. Kami putuskan hari Sabtu sore kami menuju pantai Tanah Lot. Target utama kami adalah Sunset di pantai ini. Perjalanan ditempuh kurang lebih 1 jam dari kota Denpasar. Tanah Lot masuk dalam wilayah Kabupaten Tabanan.

Perjalanan menuju pantai Tanah Lot sangat padat pada sore hari. Hampir semua wisatawan ingin menikmati sunset di Tanah Lot. Kami memasuki tempat wisata dikenai biaya Rp 10.000,- per kendaraan roda empat dan ditambah Rp 3.000,- per orang. Sangat disarankan datang sebelum jam 16:00wita agar kita tidak kesulitan dalam memarkirkan kendaraan. Semakin sore akan semakin penuh parkir kendaraan, dan semakin jauh pula kita akan memarkir kendaraan kita.

Kita dari tempat parkir akan berjalan kurang lebih 500 meter menuju pantai. Setelah memasuki gerbang pura, rasa mata ini disejukkan dengan pemandangan indah Pura dan deru ombak yang menabrak karang.
 

Di sebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan yang melengkung. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan dan merupakan pura laut tempat pemujaan dewa penjaga laut.





Di bawah dan di sebelah barat terdapat sumber air tawar yang merupakan air suci bagi Umat Hindu. Apabila turun ke pantai antara Pura Tanah Lot dengan tebing, maka pada bulan tertentu akan menyaksikan matahari terbenam dimana bola matahari yang berwarna merah akan tepat berada di lobang tebing, seperti mata yang lelah memandang dunia. Sayangnya pemandangan ini hanya dapat disaksikan pada bulan-bulan tertentu yaitu saat matahari tenggelam condong ke utara.











Kira-kira pukul 17:30 hingga pukul 18.30 kita akan menikmati indahnya sunset Tanah Lot ini. Buktikan dan rasakan keindahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar