Jumat, 23 November 2012

Great Overland Flores 2012

 Lama sudah tidak mengupdate blog, maklum banyak hal yang harus dilakukan. Sambil mengisi waktu luang, saya mau berbagi cerita tentang perjalanan saya Overland Flores. Salah satu dari impian perjalanan saya. Banyak temen kerja yang bertanya, Kenapa FLORES? Kenapa tidak ke luar negeri aja kan keren tu? Hohoho jawabku,”Indonesia aja belum selesai kok, betul ngga?hehehe”


Perjalan saya lakukan dalam 12 hari dan ditemani partner tulen saya Simon Onggo. Dia kebetulan juga bekerja di Taman Nasional Wanggameti, Waingapu, Sumba. Onggo, panggilan teman saya ini kebetulan sehobi jalan-jalan irit, atau kerennya sih backpacker.
Awal cerita saya bekerja di Bali dan saya di akhir bulan juli 2012 belum punya gambaran akan libur berapa hari dari kantor dan akan kemana. Kurang dari sebulan munculah wall di Facebook dari teman saya. “Overland NTT yuukk”. Wadeeh, langsung aja dah aku telpon tu Onggo. Aku meminta perkiraan anggaran dan jadwal perjalanannya dengan segala kemungkinan yang terjadi.  Setelah berkomunikasi dan bertukar pendapat dan informasi kami putuskan untuk bertemu di tikum Labuan Bajo tanggal 12 Agustus 2012.
Ada banyak pilihan transportasi dari Denpasar menuju Labuan Bajo. Pilihan paling murah adalah kapal PELNI dengan tarif Rp 198.000,- (Agt2012) perjalanan ditempuh 36jam diatas kapal dari Tanjung Benoa sampai Labuan Bajo. Kelemahannya adalah, jadwal kapal yang hanya ada sebulan 2 kali jadi saya tidak mengambil opsi kapal Pelni ini.
Alternatif kedua adalah dengan pesawat NgurahRai-LabuanBajo. Banyak pilihan maskapai yang melayani penerbangan setiap hari menuju Labuan Bajo dari Bandara Ngurah Rai. Wings, Susi Air, Merpati, Aviastar, dan lainnya. Tarif dihari-hari normal sekitar Rp 450.000-700.000. Namun kalau dimasa liburan atau libur lebaran tarif bisa menjadi diatas Rp 1.000.000,-
Alternatif ketiga yang saya pakai adalah bus patas yang pada masa lebaran cukup mahal dan susah dicari. Safari Dharma Raya, Tiara Mas, Garuda Mas, adalah beberapa perusahaan otobus yang  melayani perjalanan menuju Bima. Cerita lengkap perjalanan, ikuti aja diposting lanjutnya yaa.
Buku Panduan Trip NTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar