Jumat, 23 November 2012

OVERLAND FLORES #Day1 : Perjalanan Denpasar-Bima

Malam 10 Agustus 2012 saya memutuskan untuk begadang sampai pagi sambil packing mempersiapkan perjalanan saya. Jadwal bus yang akan saya tumpangi berangkat tanggal 11 agustus 2012 jam 03.00wita. Kalau dilanjut tidur, bias bablas beneran itu bus ngga nunggu penumpang kesiangan, hehehe. Terminal Ubung yang biasanya sangat sepi dimalam hari, pada masa-masa lebaran bias ramai sekali. Hati ini sudah tidak sabar naik bus dan tidur dikursi bus.
Setelah sekian lama menunggu, bus baru datang jam 05:30, waah luamaa beneerrr. Pikiran untuk tidur dikursi bus selama perjalanan langsung harcur setelah saya cuma dapet kursi ekstra dengan kursi plastic kotak, mau protes juga tidak ada pilihan lain. Mereka bilang cuma sampai Lombok ada penumpang turun, saya pikir ya sudahlah yang penting jalan aja ni bus dengan selamat.
Tas ransel 75L saya pun dibawa masuk ke dalam bus, tidak ada ruang dibagasi, hadeeh. Tas yang berat otomatis jadi makin ribet kalau ada penumpang mau naik turun. 90 menit dari terminal Ubung, bus sudah sampai di pelabuhan penyeberangan Padang Bai Bali menuju Pelabuhan Lembar Lombok. Jam 07:30 kapal langsung menuju Lombok. Diperkirakan waktu normal penyeberangan ini ditempuh dalam waktu 4jam.
Saat itu kapal sangat penuh oleh penumpang yang mudik menuju kampungnya masing-masing. Kapal juga dipenuhi wisatawan asing yang akan berlibur ke Lombok. Bagi saya, penyeberangan ini adalah waktu yang tepat untuk tidur meennn, ngantuk euuyyy.

Suasana di kapal penyeberangan Padang Bai - Lembar

Kapal sudah hamper bersandar di pelabuhan Lembar Lombok. Saya masuk ke bus dan lanjut duduk di kursi plastic yang bikin pantas panas adem ini. Satu jam kemudian, bus sudah samapi di terminal Mataram dan beristirahat makan siang disana. Bus Tiara Mas ini sudah include makan siang, jadi amanlah walaupun porsi makan seadanya saja (porsi ngemil).
Terminal Mataram

Setelah 30 menit berhenti, bus melanjutkan perjalanan. Kali ini saya sudah duduk dikursi yang sebenarnya, lega rasanya. Ada salah satu penumpang yang kehilangan laptopnya, ya sejenak berhenti untuk menggeledah dan akhirnya pemilik mengikhlaskan.  Kemungkinan barang dia hilang saat intirahat di terminal Mataram. Perjalanan tidak berlangsung lama, sekitar 2 jam bus sudah sampai di pelabuhan Kayangan. Pelabuhan ini berada disebelah timur pulau Lombok. Disini kita bias melihat Gunung Rinjani disebelah barat, suasana yang tepat melihat keindahan sunsetnya.
 Pelabuhan Kayangan, Lombok timur

Pukul 17:30wita kapal meninggalkan pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Sumbawa Besar. Ombak yang cukup besar membuat banyak penumpang yang mual. Setelah 2 jam penyeberangan, saya naik bus kembali dan melanjutkan perjalanan dari Sumbawa besar menuju Bima. Kali ini perjalanan ini akan ditempuh kurang lebih selama 8jam. Jalan berliku dan dilihat kiri jalan langsung laut. Mungkin akan terlihat indah saat siang hari, tapi perjalanan saat itu sudah malam hari sehingga hanya lampu-lampu nelayan yang terlihat. Saya terbangun dan bus sudah memasuki terminal Bima pada pukul 03:30wita.